Sunday, July 5, 2015

Menatap indahnya Gunung Bromo

Melakukan perjalanan dengan teman-teman kelas merupakan agenda yang paling menyenang selain membuat hubungan pertemanan semakin akrab juga dapat memberikan pengalaman bagi personal masing-masing. Setelah ujian semester liburan pun tiba, sehingga itu merupakan waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan wisata.
Rencana yang sudah cukup matang mulai dari menentukan tempat tujuan wisata dan badget yang harus dikeluarkan juga sudah diperhitungkan. Tibalah waktunya bagi kami untuk melakukan perjalanan wisata ke bromo. Siapa sih yang gak tau bromo. Bromo merupakan tempat wisata yang tidak asing lagi di indonesia. banyak wisatawan domestik maupun mancanegara datang unutk mengunjungi bromo. Gunung bromo terletak di taman nasional bromo tengger sumeru memiliki keunikan dengan pasir laut seluas5.250 hektar di ketinggian 2392 mdpl. Gunung bromo berasal dari brahma (salah seorang dewa agama hindu). Bromo merupakan gunung api yang masih aktif dan terkenal sebagai icon wisata jawa timur.
Perjalalan kali ini dimulai dari stasiun lempunyangan yogyakarta menuju stasiun probolinggo. Dalam perjalanan sekitar 8 jam dalam kereta. sangat membosankan bukan perjalanan selama 8 jam. Namun tidak dengan kami, kami menghabiskan waktu didalam kereta dengan gembira dan perasaan senang. Jumlah kami sebanyak 10 orang. Didalam kereta banyak aktivitas yang dikerjakan mulai dari main kartu remi, main tebak-tebakan, dan permainan anak – anak dulu yang menyebutkan nama-nama dengan huruf yang diaacak. Pada pukul 07.00 wib berangkat dari yogyakarta dan tak terasa sampai di probolinggo pada pukul 19.00 wib. Ketika sampai di probolinggo kami menuju rumah salah satu dari kami. Dalam perjalanan ternyata melewati alun-alun probolinggo. Dan kamipun tidak ketinggalan untuk sejenak berfoto-foto di alun-alun. Setelah selesai kami menuju rumah tujuan kami. Setelah sampai ada yang istirahat, ada yang makan dan masih banyak aktivitas lain yang dikerjakan.
Pada waktu pagi sekitar pukul 02.00 wib kami akan bersiap-siap menuju lokasi wisata gunung bromo. Dalam perjalanan kami menggunakan angkutan yang kita sewa selama sehari, harga sewanya sekitar 600 rb. Setelah perjalanan kurang lebih satu jam sentengah sampailah ditempat tujuan wisata gunung bromo. Tiket masuk pada saat itu Rp 12.000/orang. Pada pagi itu luar biasa ramai wisatawan semua menuju bukit disebelah gunung bromo untuk menikmati sunrise. Perasaan senang, gembira yang dirasakan karena begitu indahnya pemandangan sunrise dan pemandangan alam sekitar. Dalam hati berkata sungguh ini merupakan ciptaan allah SWT yang tidak dapat diciptakan oleh manusia. Sungguh allah maha besar. Setelah menikmati sunrise perjalanan menuju treking ke puncak gunung bromo. sungguh pemandangan yang indah namun pemandangan yang indah itu terkurang saat begitu banyaknya wisatawan yang menuju puncak gunung bromo. jalan menuju puncak sangatlah ramai dan harus mengantri menunggu yang didepan jalan. Tidak terfikirkan akan keberlanjutan tempat tersebut. Tidak ada upaya dari pengelola untuk membatasi wisatawan atau pun memberikan pengertian kepada wisatawan tentang kesadaran akan lingkungan. Sekitar 30 menit berjalan dari akhirnya sampai di puncak gunung bromo. asap yang keluar dari kawah bromo menambah pemandangan alam yang sangat unik yang bisa dinikmati, selain itu ada beberapa gunung- gunung dan lautan pasir terlihat tampak jelas dari atas gunung bromo.

Setelah kurang lebih 15 menit diatas kami turun untuk pulang dan melanjutkan perjalanan ketempat lain yang pastinya lebih manarik.