Saturday, July 18, 2015

Eloknya Pantai Menganti


        Berawal dari penasaran akan keberadaan pantai menganti yang sering dibicarakan teman-teman, menurut mereka pantai ini memiliki keunikan sendiri yang sulit dijumpai di pantai lain. dan kini waktunya pun  tiba untuk mengunjungi pantai menganti ketika saya dalam perjanan mudik dari jogja menuju Cilacap.
pantai ini terletak di desa karang duwur kecamatan ayah kabupaten Kebumen. pantai ini memiliki keindahan yang sangat unik, pemandangan perbukitan kars dan lautan selat india yang membentang luas akan terlihat ketika menuju pantai ini dari kejauhan saat dalam perjalanan. selain itu pantai pasir putih yang membentang menjadi daya tarik yang indah di pantai ini karena jarang pantai di daerah kebumen yang memiliki pantai pasir putih. jadi ini merupakan keindahan yang tidak dimiliki pantai-pantai lain disekitarnya. batuan yang ada di pinggir pantai juga menjadi pemandangan yang sangat menarik ketika ingin sejenak mendokumentasikan foto – foto. selain itu ketika ingin berjalan sedikit di bukit sebelah timur pantai ini terdapat bukit yamg menjadi tempat untuk menikmati pantai dari ketinggian, di bukit ini disediakan gubuk –gubuk kecil yang disediakan untuk wisatawan.
     Tak hanya keindahan alam yang  terdapat dipantai ini konon ceritanya juga ada legenda dari kerajaan majapahit dimana cerita nya adalah alkisah, seorang panglima perang kerajaan majapahit yang melarikan diri ke pesisir selatan jawadwipa karena hubunganya dengan pujaan hati tidak direstui sang raja, mereka berjanji di tepi samudra pantai nan indah. sepanjang hari sang panglima pun terus menanti pujaan hati yang ternyata tak kunjung tiba diatas bukit kapur sambil memandang laut lepas. ia menanti dan terus menanti. penggalan mitos tersersebut menggambarkan asal pantai tersembunyi di pesisir selatan kabupaten Kebumen.
      Untuk menuju pantai menganti ini kita harus membayar tiket + parkir sebesar Rp 7000/ orang . akses menuju pantai ini terbilang cukup sulit karena jalan yang lika-liku serta menanjak menantang adrenalin kita, sehingga dibutuhkan kehati- hatian ketika melawati jalan ini. adapun jarak pantai ini dari kota kebumen sekitar 42 km. karena belum ada angkutan umum yang menuju pantai ini jadi diharuskan untuk membawa kendaraan sendiri. bagi anda yang ingin menunjungi pantai ini untuk liburan fasilitas seperti rumah makan, MCK, parkir dll. sudah tersedia. selamat menikmati......:)







No comments:

Post a Comment

PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM

PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM   Pendidikan merupakan sistem dan cara meningkatkan kualitas hidup manusia dalam meningkatkan segala aspek k...