Wednesday, July 29, 2015

Yuk Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW

       Islam itu memang indah dan pastinya Agama yang paling disukai Allah SWT. dalam islam banyak sekali hadist dan juga sunah - sunah yang dilakukan oleh rasulullah SAW yang sangat bermanfaat bagi kita semua. berikut merupakat tips sehat yang dilakukan rasulullah SAW:
1.      Rasulullah SAW tidak makan sebelum lapar dan tidak berlebihan dalam makan
      Hasil gambar untuk makan sebelum lapar berhenti sebelum kenyang
pasti pernah dengar bukan dengan sunah Rasul yang berbunyi makanlah sebelum lapar, sudahlah sebelum kenyang. hal seperti ini memang dilakukan oleh nabi allah yang terakhir yang dapat dijadikan teladan bagi umat islam. hal itu terbukti menyehatkan secara ilmiah.
2.      Rasulullah Duduk ketika Hendak Minum
      
disaat rasulullah SAW merakan haus beliau biasa meminum air dengan duduk terlebih dahulu. cara ini sangat menyehatkan dan terbukti secara ilmiah dimana ketika kita meminum air dengan posisi masih berdiri akan ada katup yang belum siap menerima air dan ketika duduk katup itu terbuka dan siap menerima air.
3.      Rasullah SAW Makan dengan Tangan Tangan
      
makan dengan tangan kanan sudah menjadi tradisi sebagian masyarakt indonesia. kebanyak orang belum mengetahui manfaatnya mereka hanya ingin makan dengan tangan kanan yang menjadi kebiasaan sehari-hari. dibalik itu semua ada manfaat yang merupakan gaya hidup sehat dan terbukti menurut sebuah penelitian. ketika makan dengan menggunakan tangan kanan maka yang aktif adalah otak kiri dimana sifat otak ini selalu teratur, dan berfikir. sedangkan ketika makan menggunakan tangan kiri maka yang aktif adalah otak kanan yang memiliki sifat imajinasi dan acak. jadi makan dengan tangan kiri dianggap kurang cocolk menurut sebuah penelitian.
4.      Rasullulah SAW cepat tidur dan cepat bangun
      Hasil gambar untuk jam 3 malam
jika Waktunya tidur, Rasulullah SAW akan cepat tidur. tidur yang tepat pada saat malam hari kira-kira setelah shalat isya, kurang lebih pukul 21.30. kemudian kira-kira pukul 03.00 sudah bangun di pertiga malam untuk shalat malam. dengan demikian waktu yang digunakan untuk tidur kurang dari 8 jam. dalam konteks ini, penggunaan waktu 24 jam dalam satu hari satu malam, adalah sepertiganya untuk bekerja, sepertiganya untuk beribadah kepada Allah SWT, dan sepertiganya lagi untuk tidur yang cukup. tentu saja, perbandingan ini tidaklah kaku, melainkan dalam pengertian dalam keseimbangan.
5.      Rasulullah Sering Berpuasa
       Hasil gambar untuk berpuasa
menurut sebuah penelitian berpuasa sebuah metode ampuh untuk menahan diri. ini merupakan sebuah cara sehat yang belum diketahui orang –orang pada zaman sekarang. Menurut penelitian dari seorang dokter ahli asal Rusia, dr. Yuri Nikolayev mengganggap puasa sebagai penemuan terbesar dalam bidang kesehatan. puasa mampu membuat seorang menjadi awet muda dan sehat secara fisik, mental, dan spiritual. bahkan sebuah lembaga di Amerika Serikat menyebutkan puasa sebagai cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik perempuan secara alami. Berikut merupakan daftar beberapa manfaat puasa :
1.            peremajaan sel kulit
2.            mengencangkan kulit
3.            Detoksifikasi racun dalam tubuh
4.            memberi waktu istirahat untuk organ pencernaan
5.            menurunkan tekanan darah
6.            menurunkan kadar lemak (Kolestrol)
7.            menghambat proses penuaan (awet muda)
8.            memperindah dan mempercantik kaum wanita secara alami
9.            menenangkan jiw  a dan perasaan
10.        mempu mengendalikan nafsu seks dengan lebih baik
11.        memicu jiwa empati terhadap sesama
12.        menimbulkan rasa solidaritas terhadap kaum miskin




No comments:

Post a Comment

PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM

PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM   Pendidikan merupakan sistem dan cara meningkatkan kualitas hidup manusia dalam meningkatkan segala aspek k...