Saturday, January 28, 2017

Pesona Hutan Mangrove Pantai Ayah

Jalur susur hutan mangrove pantai ayah
Hutan Mangrove menjadi salah satu daya tarik wisata yang menarik dan sangat popular pada saat ini. Kesejukan serta keindahan pepohonan mangrove menjadi daya tarik utama bagi destinasi ini. Rapatnya pepohonan dan terdapatnya celah-celah yang dapat dijadikan jalan untuk dilewati menambah keunikan karena wisatawan dapat masuk ke dalam hutan mangrove dan melihat ekosistem yang ada didalamnya.

Belum lama ini telah dibangun atau dikembangkan destinasi wisata hutan mangrove tepatnya di pantai ayah, yaitu sebelah barat Kabupaten Kebumen. Destinasi wisata ini masih tergolong baru karena belum lama dikembangkan oleh kelompok masyarakat setempat. Mudahnya menggunakan media informasi modern  menjadikan destinasi wisata ini ramai dikunjungi wisatawan. Dengan akses informasi yang mudah sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama, destinasi wisata ini langsung menjadi banyak pembicaraan wisatawan. Pada saat itu kebetulan saya sedang berada di Cilacap sehingga tanpa menunggu waktu lama lagi untuk mengunjungi destinasi wisata tersebut.
Jaraknya sekitar 35 km dari pusat kota Cilacap dan 20 km dari Gombong sehingga sangat mudah untuk dituju baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Keindahan yang luar biasa dan unik ketika melihat papan berbaris dengan rapi yang siap dijadikan landasan untuk melewati setiap celah-celah hutan tersebut. Sungai yang mengalir dan langsung berbatasan dengan laut memberikan keindahan tersendiri dan terdapat pula perahu sewaan yang digunakan untuk menyusuri hutan mangrove dengan melalui jalur sungai.
Perjalanan menyusuri hutan mangrove sangat menarik dan banyak ilmu yang diajarkan karena hutan mangrove merupakan salah satunya bentuk konservasi lingkungan. Dengan menanam dan membiarkannya tumbuh maka akan memberikan kontribusi positif terhadap ekosistem yang berada di pantai serta mengurangi ancaman abrasi dan menambah lingkungan hijau pada kawasan tersebut. Langkah demi langkah berjalan diatas papan yang berbaris rapi untuk menyusuri hutan mangrove. Tak sesekali langkah ini berhenti mencari spot terbagus dan mengeluarkan hanphone untuk memotretnya. Hal ini merupakan sesuatu yang sepertinya wajib dilakukan bagi seorang traveler sekedar untuk mengabadikan gambar.

Pada destinasi wisata hutan mangrove ini telah di bangun spot-spot untuk istirahat wisatawan seperti tempat duduk dan gajebo-gajebo. Adanya fasilitas tersebut akan membuat kita ingin berlama-lama menikmati kesejukan dan segarnya udara di lokasi tersebut. Akar-akar mangrove yang sangat unik bercabang-cabang memberikan keindahan yang khas bagi hutan ini. Selain itu ketika kita terus menyusuri hutan ini dan sampai pada akhir jalur, maka akan terlihat sungai besar yang berbatasan dengan laut sehingga akan terlihat luasnya lautan samudra Hindia. Untuk menuju destinasi wisata ini sangat mudah karena berada tepat di jalur selatan Cilacap Yogyakarta sehingga apabila melawati jalur ini sangat disayangkan jika tidak mampir sejenak untuk mengunjungi destinasi wisata hutan mangrove ini. 

No comments:

Post a Comment

PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM

PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM   Pendidikan merupakan sistem dan cara meningkatkan kualitas hidup manusia dalam meningkatkan segala aspek k...