Monday, November 30, 2015

Candi Ijo

Yogyakarta merupakan salah satu kota terbesar di indonesia dan kota terbesar ketiga di wilayah pulau jawa bagian selatan,  setelah bandung dan malang menurut jumlah penduduk. kota yogyakarta juga merupakan tempat kediaman bagi sultan hamengkubuwana dan adipati pakualam. yogyakarta memiliki banyak sekali dataya tarik wisata yang menarik untuk dikunjungi salah satu contohnya adalah kerataon, candi prambanan, keraton ratu boko, dan lain-lain. togyakarta juga dikenal dengan wisata budayanya karena banyak sekali peninggalan sejarah seperti candi- candi yang merupakan salah satu potensi wisata yang sangat menarik untuk dikembangkan. salah satu daya tarik wisata yang menarik adalah candi ijo.

Candi ijo merupakan salah satu candi bercorak hindu, yang diperkirakan dibangun antara kurun waktu 10 ke 11 masehi pada saat zaman medang periode mataram. candai ini terletak di bukit hijau atau gumuk hijau dusun groyokan desa sambirejo kecamatan prambanan kabupaten sleman. nama candi tersebut diambil dari lokasi candi tersebut dibangun. candi ijo merupakan scanti yang tertinggi dibandingkan candi lainya di wilayah yogyakarta, dengan ketinggian 357.402-395.481 MDPL.

Akses menuju candi sekitar 28 km dari kota yogyakarta atau 4 km dari candi prambanan, untuk menuju kesana dapat menyewa taxi motor atau kendaraan pribadi karena kendaraan umum hanya sampai di candi prambanan. salah satu yang menarik pada candi ijo ini kita dapat melihat pemandangan perbukitan dari ketinggian dan juga dapat melihat pesawat take off dan landing di bandara adisucipto. pemandangan ini dapat dijumpai karena pegunungan seribu tempat berdiri candi ini menjadi bats bagian timur bandara. setiap bangunan candi ini memiliki makna yang berbeda beda sehingga dapat menambah pengetahuan bagi wisatawan yang datang.

No comments:

Post a Comment

PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM

PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM   Pendidikan merupakan sistem dan cara meningkatkan kualitas hidup manusia dalam meningkatkan segala aspek k...