Wednesday, November 30, 2016

Poverty Tourism dalam Perpektif Sosial (Pariwisata Kemiskinan)

Poverty tourism merupakan salah satu bentuk pengembangan wisata baru yang menjadikan lingkungan masyarakat sebagai daya tarik utamanya. Pada umumnya poverty tourism berkembang di pusat-pusat kota yang memiliki lingkungan kumuh. Pengembangan poverty tourism menjadi banyak perdebatan karena sebagian orang menganggap bahwa itu tidak pantas untuk di perlihatkan bahkan di jadikan sebagai bentuk pengembangan pariwisata. Dalam hal ini, penjelasan yang lebih berkemanusiaan akan menjadikan landasan untuk mengembangkan poverty tourism dengan tujuan utamanya adalah untuk mendorong perkembangan ekonomi dan sosial pada lingkungan mayarakat yang menjadi tujuan wisata Poverty Tourism
Dalam perpektif sosial, poverty tourism dijadikan sebagai pengembangan pariwisata berkemanusiaan yang mana nilai-nilai moral yang menjadi landasan utamanya. Lingkungan masyarakat yang menjadi tujuan wisata akan lebih menerima jika arah pengembangan tersebut lebih pada kemanusiaan dan memberikan keuntungan yang positif. Pengembangan wisata ini sebenarnya hanya bersifat sementara karena apabila poverty tourism sudah berkembang, lingkungan masyarakat yang menajadi tujuan wisata akan mengalami peningkatan kualitas baik lingkungan,fisik, ekonomi, sosial dan budaya.
Meningkatnya kualitas masyarakat, maka lingkungan yang sebelumnya kumuh menjadi lingkungan yang memiliki standar kebersihan dan kerapian serta tata ruang yang bagus. Fenomena pengembangan pariwisata ini memberikan dampak yang positif atau negatif dan keberlanjutan poverty tourism sebagai tujuan wisata tergantung pandangan masyarakat, Apakah poverty tourism akan dijadikan sebagai daya tarik yang dipertahankan atau pengembangan pariwisata yang sifatnya sejarah. Proses yang terjadi dalam masyarakat yang sebelum adanya poverty tourism lingkunganya kumuh,tingkat sosial dan ekonomi rendah, kemudian setelah adanya pengembangan wisata tersebut menjadi lingkungan yang memiliki kualitas baik dengan tingkat kesejahteraan yang meningkat.
Pada dasarnya poverty tourism menjadi sebuah paradog yang menggambarkan bahwa pada umumnya berpendapat hal tersebut tidak pantas dijadikan sebagai pariwisata namun kenyataanya adalah benar bahwa poverty tourism memiliki potensi untuk dikembangkan. Ada sebagian wisatawan yang memiliki jiwa sosial yang tinggi akan menjadikan poverty tourism sebagai bagian dari pengalaman perjalananya. Mereka juga mengganggap dengan adanya poverty tourism akan memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan daerah tujuan wisata.

No comments:

Post a Comment

PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM

PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM   Pendidikan merupakan sistem dan cara meningkatkan kualitas hidup manusia dalam meningkatkan segala aspek k...