Wednesday, December 21, 2016

Fenomena Dark Tourism

              Dark tourism merupakan fenomena pengembangan pariwisata baru dalam masyarakat. Banyak masyarakat yang tidak sepaham dengan kalangan akademisi tentang pengembangan dark tourism. Pada dasarnya tanpa disadari masyarakat umumnya telah melakukan aktivitas pariwisata yang merupakan bagian dari dark tourism. Ketika dalam suatu tempat terjadi suatu peristiwa bencana alam,kecelakaan, dan lain sebagainya yang dianggap sebagai kekejaman, maka muncul sikap masyarakat untuk sekedar ingin tahu apa yang terjadi dalam peristiwa tersebut. Dengan munculnya rasa ingin tahu  maka mengundang masyarakat untuk datang dan melihatnya. fenomena ini merupakan salah satu bentuk dari pariwisata yang dianggap sebagai pariwisata gelap atau dark tourism.

            Peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kehidupan merupakan sesuatu hal yang menarik untuk di pelajari dan dipahami. Masyarakat modern pada umumnya telah bosan dengan pariwisata yang konotasinya adalah perjalanan ke suatu tempat dengan tujuan bersenang senang, kemudian banyak disediakan tempat hiburan dan lain sebagainya. Dengan munculnya dark tourism dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin melakukan suatu perjalanannya dapat memahami arti penting dari sebuah kehidupan.  Peristiwa kecelakaan merupakan suatu kejadian yang tragis terjadi, namun dengan adanya peristiwa tersebut mendorong masyarakat untuk melihat dan datang ke lokasi yang menjadi peristiwa kejadian. Proses ini merupakan pembelajaran dan pengalaman bagi masyarakat yang dianggap sebagai wisatawan untuk melihat dari sisi positifnya saja. Selain itu suatu peristiwa bencana alam juga mengundang masyarakat untuk datang dan berkunjung.
            Bencana alam yang terjadi dalam suatu tempat juga merupakan contoh yang sama dari kecelakaan. Apabila terjadinya bencana alam banyak masyarakat yang ingin tahu dan mengunjunginya. Motivasi mereka ada yang hanya sekedar ingin tahu karena penasaran dan ada yang ingin mengunjungi untuk memberikan bantuan sosial baik berupa bantuan langsung dalam evakuasi korban bencana alam maupun bantuan secara material. Fenomena ini sering terjadi dalam masyarakat. Apabila fenomena ini dikatakan sebagai bentuk pariwisata maka muncul rasa tidak keinginan bagi masyarakat yang terkena bencana untuk dikunjungi. Mereka menganggap bencana tersebut bukanlah tontonan yang dapat dijadikan sebagai daya tarik pariwisata. namun, dalam hal ini semua stakeholder yang terlibat dalam pengembangan dark tourism harus menjelaskan secara spesifik yang lebih ber etika sehingga dapat di terima oleh masyarakat luas pada umumnya dan masyarakat yang mengalami kejadian bencana pada khususnya.
MOTIVASI DARK TOURISM
Wisatawan yang mengunjungi destinasi dark tourism memiliki motivasi yang berbeda-beda. Namun demikian, wisatawan atau masyarakat yang berkunjung ke destinasi dark tourism mengarah pada pembelajaran dan pengalaman emosional yang dapat memberikan kepuasan karena meningkatkan jiwa sosial seseorang terhadap suatu kejadian. Studi dark tourism lebih mengidentifikasi motivasi yang mengadopsi dari perpektif permintaan dimana cenderung mengekplorasi mengapa wisatawan pergi ke tempat –tempat tujuan dark tourism tersebut (Bing-Jin et.al, 2016). Studi empiris yang dilakukan oleh Biran et al. (2011) menunjukan bahwa motif untuk mengunjungi kampung kematian Auschwitz-birkenau dapat dikategorikan dalam empat jenis yang utama, diantaranya adalah : ‘Melihat untuk percaya’, Belajar dan pemahaman’, ‘terkenal atraksi kematian wisata’, dan pengalaman warisan emosional’.
       Motivasi dark tourism dibagi kedalam tiga dimensi yaitu : belajar dan kewajiban; program pendidikan; alasan sosial dan ingin tahu (Kang et.al, 2012). Penelitian ini lebih memberikan informasi mengenai faktor –faktor internal dan eksternal sehingga dapat memberikan pemahaman yang lebih sederhana dan mudah dimengerti. Tiga dimensi yang di tentukan merupakan cakupan yang luas dalam membahas pendidikan, sosial dan rasa ingin tahu

No comments:

Post a Comment

PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM

PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM   Pendidikan merupakan sistem dan cara meningkatkan kualitas hidup manusia dalam meningkatkan segala aspek k...