Saturday, June 11, 2016

Pantai Jungwok, keindahan di ujung timur Gunungkidul


Gunungkidul merupakan kabupaten yang memiliki keindahan pantai yang tak kalah menarik dengan Bali. Karena disepanjang pantai Gunungkidul akan disuguhkan pantai pasir putih dan pemandangan perbukitan karts yang sangat mempesona untuk dipandangi. Salah satu pantai di Gunungkidul yang menarik perhatian saya untuk dikungjungi adalah pantai Jungwok. Pantai ini terletak di Desa Jepitu Kecamatan Gurisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya sekitar 1 km sebelah timur pantai wediombo.

Matik biru dengan gagahnya berjalan di jalan bebatuan menuju pantai jungwok dari pantai wediombo, seakan – akan dia tidak merasa lelah setelah melakukan perjalalan sekitar 2 jam dari kota yogyakarta dan harus melewati jalan bebatuan yang cukup menantang. Sekitar 10 menit melewati jalan bebatuan sampailah di tempat tujuan yaitu pantai Jungwok. Ketika sampai tempat tidak banyak yang dapat saya katakan tentang keindahan pantai Jungwok karena keadaan sudah malam. Saya dan beberapa teman saya memakirkan kendaraan masing-masing di tempat parkir yang telah disediakan penduduk sekitar. Kemudian kaki ini melanjutkan langkah untuk mencari spot mendirikan tenda, kebetulan dipantai tersebut sudah ada teman kami yang datang duluan sehingga tidak menunggu waktu lama untuk mendirikan tenda. Waktu itu pukul 09.00 wib suara ombak pantai yang gemuruh seakan –akan ikut meramaikan acara yang kami lakukan, aktivitas seperti bakar ikan dan bernyanyi dipantai kami lakukan hingga larut malam, sangat mengesankan bagi saya.
Pagi mulai cerah ketika cahaya matahari mulai menyinari, mata ini terpesona melihat keindahan pantai yang sangat menarik untuk dilihat. Serasa semua masalah dalam pikiran saya hilang seketika melihat laut yang tak keliatan ujungnya. Hamparan pasir putih dan birunya laut menambahkan keindahan tersendiri, selain itu pada saat air laut surut akan terlihat ikan –ikan kecil yang berada disela-sela karang. Begitu menarik bukan, namun sayangnya masih banyak pengunjung yang belum sadar akan lingkungan sehingga masih banyak orang yang melakukan aktivitas merusak keindahan pantai. Di tempat ini tersedia tempat untuk mendirikan tenda bagi anda yang ingin melakukan kegiatan camping, disarankan apabila mendirikan tenda jangan terlalu dekat dengan pantai, karena ombak pada saat malam hari tergolong besar maka dari itu kita harus memperhitungkanya.

Untuk menuju pantai jungwok ini anda dapat membayar tiket dengan harga 10.000 rupaiah/motor. Arah jalanya juga tidak begitu sulit karena sudah ada arah penunjuk jalan menuju pantai jungwok. Apabila anda dari arah kota wonosari lurus saja ambil jalur pantai selatan gunung kidul tepatnya arah menuju pantai siung, setelah itu menuju arah pantai wediombo, tidak jauh dari pantai wediombo anda kearah timur jalan menuju pantai jungwok



No comments:

Post a Comment

PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM

PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM   Pendidikan merupakan sistem dan cara meningkatkan kualitas hidup manusia dalam meningkatkan segala aspek k...