Tuesday, October 17, 2017

Ekowisata sebagai Pengelolaan Pariwisata Berkelanjutan

Aktivitas Masyarakat lokal sebagai daya tarik ekowisata
Perkembangan pariwisata di Indonesia telah memberikan banyak dampak terutama terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat lokal serta meningkatkan devisa bagi negara. Kekayaan alam dan budaya melimpah yang dimiliki Indonesia berpeluang untuk memajukan pariwisata menjadi pendapatan terbesar baik bagi masyarakat lokal maupun Pemerintah. Namun, perlu diperhatikan bahwa untuk mencapai keselarasan dalam pariwisata belum cukup hanya ekonomi saja yang menjadi prioritas. Pengelolaan pariwisata yang baik perlu dilakukan agar dapat mencapai keselarasan yang diinginkan.

Alam indonesia merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa, maka kita harus memanfaatkan dan menjaganya dengan baik. Maka, belumlah cukup jika kita hanya memanfaatkannya untuk kebutuhan ekonomi. Dalam mengelola pariwisata dibutuhkan arah kebijakan yang jelas supaya pariwisata dapat berkembang dengan baik dan terkontrol. Konsep pariwisata berkelanjutan menjadi suatu kebijakan yang dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan alam, sosial dan ekonomi. Dengan menerapkan konsep ini maka pariwisata indonesia akan menguntungkan dan bersifat berkelanjutan artinya pariwisata dapat dinikmati terus menerus, dari generasi ke generasi.
Ada beberapa konsep pengembangan pariwisata yang bersifat berkelanjutan yang telah banyak dikembangkan pada destinasi wisata. Salah satunya adalah konsep pengembangan ekowisata. Ekowisata merupakan suatu konsep pengembangan yang berorientasi pada ekologi, ekonomi dan sosial budaya serta memberikan pengalaman kepada wisatawan. Ekowisata bukanlah menjual produk yang empirik namun filosofi yang menjadi daya tarik sehingga dapat memberikan wawasan dan pengalaman yang lebih kepada wisatawan. Dalam beberapa dekade kedepan ekowisata masih menjadi tren pengembangan karena sangat cocok diterapkan pada kawasan indonesia yang produknya merupakan alam dan budaya. Selain itu, permintaan akan produk ekowisata juga terus meningkat karena semakin banyak wisatawan yang sadar bahwa menjaga lingkungan dan membantu masyarakat lokal itu sangatlah penting. Disamping itu, pendidikan masyarakat semakin lama meningkat sehingga mereka ingin sesuatu yang lebih yang dapat memberikan pengalaman bagi kehidupannya
Penerapan konsep pengembangan ekowisata dalam suatu destinasi wisata telah banyak dilakukan oleh pengelola baik dari masyarakat, swasta maupun pemerintah. Namun, yang sangat disayangkan saat ini adalah ekowisata hanya menjadi brand yang dijual agar dapat menarik wisatawan tanpa memperhatikan prinsip-prinsip ekowisata. Maka dari itu, kita sebagai wisatawan haruslah menjadi wisatawan yang berkualitas atau bisa juga  disebut ekowisatawan, dimana kita dapat menerapkan konsep ekowisata dalam setiap perjalanan yang dapat memberikan banyak pelajaran dan pengalaman.

No comments:

Post a Comment

PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM

PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM   Pendidikan merupakan sistem dan cara meningkatkan kualitas hidup manusia dalam meningkatkan segala aspek k...