Thursday, October 29, 2015

Manfaat Berwudhu Sebelum Tidur


Menurut bahasa wudhu artinya bersih dan indah. sedangkan menurut istilah (syariah islam ) artinya menggunakan air pada anggota badan tertentu dengan cara tertentu yang dimulai dengan niat guna menghilangkan hadast kecil. wudhu merupakan salah satu syarat sahnya shalat. selain sebelum shalat wudhu juga dianjurkan ketika hendak ingin tidur,  Rasulullah SAW bersabda :
 “ Barang siapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka malaikat itu akan berucap ‘ya allah ampunilah hambamu si fulan, karena ia tidur dimalam hari hari dalam keadaan selalu suci”. (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar ra).

selain dianjurkan oleh rassulullah berwudhu sangat bermanfaat bagi kesehatan  menurut beberapa pakar kesehatan di dunia senantiasa menganjurkan agar kita mencuci kaki mulut dan muka sebelum tidur. bahkan sejumlah pakar kecantikan agar dapat menjaga kesehatan kulit muka.
berikut merupakan manfaat berwudhu sebelum tidur :
1.      menenangkan otot-otot sebelum berehat. dalam ilmu perobatan bahwa percikan air wudhu merupakan suatu kaidah atau cara mengendurkan otot-otot kaku dalam beraktivitas, kesan positifnya jika seseorang itu telah melakukan wudhu, maka fikiran kita akan terasa tenang. badan tidak akan terasa letih.
2.      mencerahkan kulit wajah. karena wudhu dapat menghilangkan kotoran dalam kulit. kotoran-kotoran yang melekat pada kulit wajah kita akan senantiasa hilang dan tentunya wajah kita menjadi cerah dan bersih
3.      didoakan malaikat. malaikat akan sentiasa berdoa memohon perlindungan kepada umat muslim yang sentiasa berwudhu sebelum tidur. malaikat adalah makhluk yang sentiasa berzikir kepada Allah. niscaya doanya akan dikabulkanoleh allah, oleh karena itu berwudhulah sebelum tidur.


Sumber            : Islam Itu Indah.com
                          Mtsfalahulda.Blogspot.Com
                         

No comments:

Post a Comment

PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM

PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM   Pendidikan merupakan sistem dan cara meningkatkan kualitas hidup manusia dalam meningkatkan segala aspek k...