Dampak
perkembangan pariwisata di indonesia sudah mulai dirasakan oleh masyarakat. Banyak
masyarakat yang ganti profesi menjadi peluku pariwisata yang awal mulanya
adalah petani, peternak dan lain-lain. Dengan adanya
pariwisata ada penambahan pemasukan bagi masyarakat yang berada di kawasan
destinasi wisata. Hal ini karena adanya lapangan kerja baru bagi masyarakat
misal sebagai pedagang, pengelola, pemandu dan pemilik homestay. selain itu pemerintah juga mendapatkan dampak dari
pariwisata melalui meningkatnya devisa yang diperoleh.
Pariwisata
saat ini menjadi industri jasa yang memiliki dampak signifikan terhadap
pertumbuhan perekonomian di indonesia. Dimana industri ini telah menjadi
program prioritas bagi pemerintah untuk meningkatkan pendapatan negara dan kesejahteraan masyarakat lokal.
Pengembangan pariwisata di indonesia melalui kementrian pariwisata telah
menunjukan upaya – upaya untuk memajukan pariwisata. Baru-baru ini promosi yang
dilakukan pemerintah sudah mendunia , misal promosi di acara piala dunia di
prancis dinama ikon wonderfull of indonesia terpasang pada bus pariwisata di
francis, selain itu icon wonderfull of indonesia terlihat pada sponsor laliga spanyol. Liga spanyol ini merupakan
liga terbesar ke dua di dunia. Harapanya dari pemerintah adalah untuk menarik
kunjungan wisatawan di indonesia.
Berbagai
macam promosi yang dilakukan tidak lain adalah untuk meningkatkan kunjungan
wisatawan di indonesia. Hal yang menarik adalah ketika promosi tersebut
berhasil, banyak wisatawan mancanegara yang datang sehingga tidak menutup
kemungkinan pariwisata di indonesia menjadi wisata masal yang tidak
memperhatikan daya dukung kawasan. Masa
depan pariwisata di indonesia apakah akan menjadi pasar atau boutique
(djangkaru, 2015). Ketika pariwisata di
indonesia menjadi pasar maka barang yang di beli banyak namun dengan harga yang
relatif murah. atau menjadi boutique
dengan sedikit barang yang di beli wisatawan namun harganya mahal. Hal ini
menjadi suatu pilihan yang memang harus di pilih sehingga pariwisata di indonesia
nantinya tahu akan mengarah kemana.
Jika
saya dimintai pendapat seharusnya pariwisata di indonesia menjadi pasar atau
boutique, jelas jawaban saya adalah boutique. Kita harus menyadari bahwa
indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan alamnya dan memiliki banyak
keunikan yang tidak dimiliki negara lain. Dengan menjadi boutiqe berarti
pariwisata di indonesia kualitasnya akan terjaga karena yang di prioritaskan
adalah hasil pendapatanya bukan banyaknya wisatawan yang datang. sehingga
mengurangi dampak lingkungan dari kunjungan wisatawan. ketika pariwisata
menjadi sebuah boutique, daya dukung kawasan akan terjaga dan menjadi destinasi
wisata yang memiliki kualitas tinggi. Namun apabila masa depan pariwisata di
indonesia ingin menjadi pasar maka kunjungan pariwisata yang selalu
ditingkatkan sehingga dampaknya akan sangat terlihat terhadap kelestarian
lingkungan. Hal ini menjadi sebuah pilihan, apakah pariwisata di indonesia
menjadi sebuah apasa atau boutique ?.
No comments:
Post a Comment