Sunday, August 2, 2015

Perlengkapan Pendakian

Hasil gambar untuk contoh perlengkapan pendakianketika hendak mendaki banyak yang perlu diperhatikan apalagi bagi anda yang merupakan pendaki pemula. film 5 cm membawa dampak yang luar biasa karena jumlah pendaki semakin bertambah dan jumlah korban yang hilang mupun meninggal juga meningkat, jadi diperlukan kesiapan kusus untuk mendaki. hal yang harus dipersiapkan adalah fisik badan pendaki, usahakan lari-lari atau olahraga minimal 2 minggu sebelum mendaki agar otot-otot kita nantinya tidak keram.
mencari informasi tentang gunung yang akan kita daki juga sangat penting karena untuk kelancaran perjalanan disaat mendaki. selain itu hal lain yang perlu diperhatikan adalah perlengkapan mendaki. dibawah in i merupakan perlengkapan mendaki yang harus dibawa.

Peralatan Packing
1.      Tas Carrier/Ransel
ketika ingin mendaki gunung carier merupakan barang yang sangat penting untuk dibawa. karena semua perlengkapan kita nantinya akan di masukan semua kedalam carier. demi kenyaman sebaiknya membawa carier yang sudah teruji kualitasnya.
2.      Tas Punggung (Daypack) (optional)
Boleh bawa boleh juga tidak. Jika masih memungkinkan sebaiknya Anda membawanya. Kegunaanya untuk summit attack. Untuk medan summit attack yang berat seperti di Gunung Semeru atau Gunung Slamet, membawa daypack sangat disarankan.
3.      Kantong Plastik atau Restbag
kantong plastik ini nantinya digunakan untuk melindungi semua perlengkapan yang dibawa agar tidak terkena air hujan.
4.      Tas Kamera (optional)
kurang lengkap rasanya kalau mendaki gunung tidak membawa kamera, maka bawalah tas kamera saat mendaki
Pakaian
1.      Jaket Gunung
Jaket Gunung sangatlah diperlukan karena cuaca di gunung sangat dingin. disarankan membawa jaket yang tahan dengan cuaca dingin.
2.      Baju Ganti
cuaca digunung tidak dapat diprediksi jadi sebaiknya membawa gantai ketika pakain basah atau kotor. pakaian gan termasuk celana, baju, kaos kaki, celana dalam, dll.
3.      Jas Hujan
seperti halnya pakaian ganti, jas hujan wajib dibawa meskipun dalam keadaan kemarau bisa saja terjadi hujan ketika diatas, karena cuaca di gunung tidak dapat diprediksi.
4.      Topi, Sarung Tangan, Bandana
Topi bisa berguna untuk melindungi kepala dari terik matahari, sengatan serangga, dan meminimalisir kepala kita terbentur pohon/ranting.  Sarung tangan berguna untuk menahan dingin dan bandana berguna untuk menyaring udara yang kita hirup.

Perlengkapan Kaki
1.      Sepatu
Fungsinya pasti sudah pada tahu, untuk melindungi kaki dari duri, kerikil tajam, gigitan ular dn mencegah dari hawa dingin. sebaiknya gunakanlah sepatu yang standart untuk mendaki gunung.
2.      Sandal
sandal boleh bawa boleh tidak, karena hanya untuk mempermudah kita ketika sudah mendirikan tenda, dan ingin bersantai – santai tanpa harus mengenakan sepatu ketika berjalan- jalan disekitar tenda.
3.      Kaos Kaki (cadangan)

Perlengkapan Camping
1.        Tenda
tenda sangatlah penting dalam pendakian karena nantinya digunakan untuk istirahat.jadi bawalah tenda sesuai dengan kelompok/team jangan lebih jangan kurang. sebaiknya gunakan tenda yang ringan dan mudah untuk didirikan.
2.        Sleeping Bag
Selain jaket, sleeping bag akan menjadi peralatan andalan untuk mengusir hawa dingin yang menyerang tubuh kita.
3.        Matras
bagi yang biasa tdur dikasur, ketika di gunung kita menggunakan matras
4.        Peralatan Masak
Peralatan masak terdiri dari kompor dan bahan bakar, nesting, wadah air, dsb. Harap diperhatikan, jika memungkinkan bawalah alternatif dari alat masak yang Anda bawa. Jika anda memilih kompor gas portable, saya sarankan Anda juga membawa parafin atau bahan bakar lainnya. Jika sewaktu-waktu kompor yang kita bawa rusak kita tidak perlu khawatir karena kita sudah punya penggantinya. 
5.        Peralatan Makan
Piring, sendok, gelas, dan lain sebagainya.
6.        Logistik (PENTING)
logistik sangatlah penting karena untuk bekal kita ketika sampai di puncak gunung, sebaiknya membawa makanan yang memilki gizi tinggi supaya dapat menghasilkan energi yang bagus, karena dibutuhkan energi yang  lebih pula. logistik yang dibawa misal seperti, beras, bumbu masak (belilah sayur saat dibasecamp), roti, jelly, coklat, madu,makanan ringan dan minuman seperti kopi atau susu. usakan bawa makanan sesuai dengan lamanya kita mendaki.

Perlengkapan Lain
1.        Headlamp atau Senter, beserta baterai cadangan
2.        Survival Kit
3.        Obat-obatan
4.        Tissu Toilet
5.        Lilin
6.        Korek Api
7.        Pisau Lipat Serbaguna

No comments:

Post a Comment

PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM

PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM   Pendidikan merupakan sistem dan cara meningkatkan kualitas hidup manusia dalam meningkatkan segala aspek k...